Bisnis

[adat][bleft]

Wisata

[budaya][twocolumns]

hukum

[hukum][bsummary]

Bali Baru: 153 Unit Rumah di Lembah Bakkara Dibantu Menjadi Homestay

Menteri Pariwisata Arief Yahya selalu menunjukkan kerja maksimal di setiap kegiatannya.

Usai meninjau progress pembangunan fisik terminal internasional Bandar Udara Silangit, Kamis (23/11) siang kemarin, Menpar menyempatkan diri mengunjungi Homestay di Lembah Bakkara di Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara.

Didampingi Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, Ketua Tim Percepatan Pengembangan Homestay Desa Wisata Anneke Prasyanti, dan Dirut BOPDT Arie Prasetyo, Menpar meninjau Homestay yang bakal menunjang pariwisata Danau Toba.

Di kawasan Lembah Bakara ini terdapat atraksi budaya, Istana Sisingamangaraja.

Kehadiran Menpar disambut antusias masyarakat. Disimbolkan dengan memakaikan ulos kepada Menpar dan diantar masuk menuju Istana Sisingamangaraja.

“Kehadiran saya di sini adalah untuk menindaklanjuti instruksi Presiden agar pariwisata dapat memberi dampak langsung kepada masyarakat. Salah satu upaya terobosannya adalah melalui Homestay Desa Wisata,” ujar Menpar Arief Yahya.

Menpar mengatakan, Danau Toba adalah salah satu destinasi prioritas yang dikembangkan pemerintah atau yang juga disebut sebagai “Bali Baru”. (sumber)

Tim Dayung Bakkara Meriahkan Festival Danau Toba (FDT) 2017

Satu di antara kegiatan yang digelar Kementerian Pariwisata Republik Indonesia pada pelaksanaan Festival Danau Toba (FDT) 2017 adalah pertandingan Dragon Boat .

Kegiatan tesebut dikuti enam tim dayung yang terdiri dari enam tim, yakni Samosir II VS Tipang Jaya, Samosir I VS Gema Bakti lalu Baktimas VS Humbang Junior.

Berlangsung di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat (8/12/2017).

Pelatih Tim Bakti Mas-Bakkara, Agus Goodman Sitinjak, mengatakan perlombaan tersebut termasuk lomba yang menegangkan.

Apalagi, lawan mereka dari Samosir juga lawan termasuk memiliki kemampuan yang patut dipertimbangkan karena sama-sama pernah bermain pada even dayung di luar negeri.

Tim dayung Bakti Mas-Bakkara merupakan satu dari enam tim yang pernah meraih juara 1 Se-Asia Tenggara pada Kejuaraan Dayung Boat Race for Royal Trophy di Provinsi Narathiwat, Thailand bulan September lalu.

Perlombaan tersebut berjarak 700 meter dengan sekali jalan. Hasil sementara, Tim Bakti Mas-Bakkara unggul dari lawannya Tim Samosir II.

Terpantau, sejak dilepas dari garis start kedua tim saling adu. Para pendndayung mengerahkan segala kekuatan dan kemampuan yang dimiliki. (sumber)

Tuan Syech Ali Akbar Marbun Kukuhkan Pengurus Toga Marbun Indonesia

Ketua Dewan Pembina Toga Marbun Indonesia (TMI) Tuan Syech Ali Akbar Marbun, mengkukuhkan Pengurus Toga Marbun Indonesia (PTMI) periode 2017 - 2021, di Bagas Parsadaan - Bakkara, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat (29/12). Acara diawali dengan ibadah singkat yang dipimpin Pdt. Robinsarhot Lumban Gaol STh MM, dengan mengangkat tema "Pergilah, Sesungguhnya Aku Mengutus Kamu Seperti Anak Domba ke Tengah-tengah Serigala" (Lukas 10:3), dan subtema "Melalui pengukuhan Pengurus Toga Marbun Indonesia Periode 2017-2021, mari kita pomparan Toga Marbun saling melayani, bersyukur dan semakin arif demi kemajuan Sumber Daya Toga Marbun di masa depan".

Acara dilanjutkan dengan sosialisasi/pemaparan program Toga Marbun Indonesia, perkenalan pengurus wilayah Toga Marbun Indonesia, pembahasan pelaksanaan Horja Wilayah Toga Marbun Indonesia tahun 2018, pembahasan pendirian Yayasan Toga Marbun Indonesia, ramah tamah, dan pemberian talikasih kepada para atlet-atlet berprestasi tingkat provinsi, nasional dan internasional serta hiburan lainnya.

Struktur Pengurus Toga Marbun Indonesia (PTMI) yang dikukuhkan terdiri  Ketua Umum Ir. Binsaren Lumban Batu, Wakil Ketua Umum Bidang Organisasi dan Politik Ir Janwar Lumbangaol, Wakil Ketua Umum Bidang Hukum dan Advokasi Dr. Kombes Pol Warasman Marbun SH MH, Wakil Ketua Umum Bidang Perekonomian dan Keuangan, Ir Irwan Marbun, Wakil Ketua Umum Bidang Pariwisata dan Budaya, Drs. Elisa Marbun MM, Wakil Ketua Umum Bidang Pendidikan dan Sosial, Drs Rukiman Lumbanbatu.

Sekretaris Jenderal Lasro Marbun SH MH, Wakil Sekretaris Jenderal I St. Bolon Lumbanbatu SE, Wakil Sekretaris Jenderal II Hendry Lumbangaol ST, Bendahara Umum Benny M Lumban Gaol SE AK MM, Wakil Bendahara Umum I, Ir. Parningotan Banjarnahor, Wakil Bendahara Umum II, Edison Lumbanbatu SH MH. Ketua Bidang Organisasi dan Politik, Bonaparte Marbun SH MH, Ketua Bidang Hukum dan Advokasi Alofsen Marbun SH, Ketua Bidang Perekonomian dan Keuangan, Ir Panal Marbun, Ketua Bidang Pariwisata dan Budaya, Martinus M Lumban Gaol SPd MM, Ketua Bidang Pendidikan dan Sosial, Prof. Dr. Ir Jamar Tumpal Lumbanbatu MSc, dan Ketua Bidang Pemuda dan Olahraga, Pantur Banjarnahor. Untuk masing-masing bidang dilengkapi  anggota-anggota.

Dalam sambutan dan arahannya Tuan Syech Ali Akbar Marbun mengajak seluruh pomparan Toga Marbun di mana pun berada untuk saling melayani, bersatu, berdamai dan saling tolong menolong agar marwah marga Toga Marbun semakin terangkat dan diperhitungkan baik di kancah nasional maupun internasional.

Karna menurut dia, yang dapat mengangat nama Toga Marbun adalah seluruh pomparan Toga Marbun itu sendiri bukan orang lain. "Marbun harus memberi hati kepada Marbun. Kalau Marbun sudah besar, harus berhati lembut dan membina kerukunan agar kita diperhitungkan di negeri ini," kata Tuan Syech.

Lebih lanjut Tuan Syech menyampaikan, sejak dulu pomparan Toga Marbun sangat merindukan agar dapat memimpin Bonapasogit Kabupaten Humbahas. Dan hal itu telah terkabul dengan terpilihnya Dosmar Banjarnahor SE sebagai Bupati Humbahas periode 2016-2021 mendatang berpasangan dengan Wakil Bupati Saut Parlindungan Simamora. Untuk dia mengajak seluruh masyarakat Humbahas khususnya pomparan Toga Marbun untuk bersatu dan satu hati mendukung program Pemkab Humbahas. "Dulu kita bercita-cita agar marga Marbun menjadi bupati di Humbahas ini. Sekarang Humbahas sudah dipimpin oleh Dosmar Banjarnahor.
Jadi, "Dos Ma Rohatta (mari satukan hati, red). Tadi juga sudah dikukuhkan pengurus PTMI, Binsaren Lumbanbatu sebagai ketua. Sai binsar ma nadenggan i tu hita saluhutnya (semoga kita dilimpahi berkat). Ada juga bapak Lasro Marbun sebagai Sekjen. Sai Las Ma Rohatta (semoga kita berhagia)," pungkasnya.

Sementara itu, Ketua PTMI Ir Binsaren Lumbanbatu dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pomparan Toga Marbun yang telah memberikan kepercayaan kepadanya untuk memimpin organisasi tersebut. Dia mengajak seluruh pengurus yang dikukuhkan untuk bergandengan tangan dan bahu membahu serta membangun komunikasi yang baik untuk membesarkan nama Toga Marbun. Disebutkan, salah satu tujuan didirikannya PTMI itu adalah bagaimana Toga Marbun Indonesia berperan di dalam mendukung program pemerintah pusat, khususnya program Pemkab Humbahas dalam bidang pertanian, pariwisata, pendidikan, kepemudaan dan program unggulan lainnya.

Sementara itu, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada seluruh pomparan Toga Marbun yang telah memilih dan memenangkan dia menjadi "parhobas" di daerah itu. Untuk itu dia meminta agar mereka tetap memberikan dukungan supaya nama Tuhan semakin ditinggikan dan dimuliakan. Begitu juga dengan marwah Toga Marbun semakin dibesarkan. "Mari satukan perbedaan yang ada. Mari kita bekerja dan saling tolong menolong agar nama Toga Marbun semakin besar dan dikagumi marga-marga lain. Yang pasti, kami dari Pemkab Humbahas akan menjadi garda terdepan untuk mendukung program Parsadaan Toga Marbun Indonesia, khususnya dalam bidang kepemudaan, pariwisata, ekonomi dan program lainnya," pungkasnya. (sumber)