Bisnis

[adat][bleft]

Wisata

[budaya][twocolumns]

hukum

[hukum][bsummary]

Aekkanopan; Batak Selatan

Aekkanopan (SIB)
Limaratusan remaja dari 12 Mesjid di Desa Sukarame dan Desa Sukarame Baru,
sepakat mengadakan perlombaan 10 macam jenis kegiatan seni dan olahraga selama beberapa hari sejak (15/4) dan diberikan piala yang disediakan Bupati Labuhanbatu HT Milwan. Pembina remaja kedua desa Sabaruddin Pohan didampingi ketua Panitia Luat Marpaung menjelaskan sayambara itu memperlombakan Azan, MTQ, Marhaban, Takhtim, Lomba Sholat, Zanajah, peragaan busana muslim, pidato, baca puisi, tenis meja dan Voly Ball, Sabaruddin Pohan dalam sambutannya ketika acara penutupan dan pemberian hadiah bagi pemenang mengharapkan agar para remaja terus meningkatkan reputasi dan kreasi yang sudah dirintis ini, karena dengan adanya kegiatan remaja dapat menghindarkan dari huru-hara dan prilaku negatif.

Selama ini sering ada tawuran bila ada pesta menggelar keyboard, namun diharapkan dengan tersalurnya kegiatan, kesadaran remaja dapat tergiring untuk berkreasi, cinta seni dan olaharag. Remaja adalah harapan bangsa ke depan, ujarnya (21/4).

Penceramah Ustadz Sutrisno dari Labuan Haji, dengan kocak mengajak remaja untuk selalu patuh kepada orangtua, giat belajar, berperan pada norma ketimuran dan selalu mengharapkan tuntunan dan zikir kepada Allah, karena tua muda akhirnya mati. Jiman Kepala Desa Sukarame baru mengatakan keharuan dan kebanggaannya atas kegiatan tersebut, dan mengharapkan agar dapat berlanjut ke masa akan datang. Mewakili Badan Koordinasi Pemuda Remaja Mesjid (BKPRMI) Kecamatan Kualuh Hulu, Amin SAg, mengharapkan kedua desa dapat mengikuti kegiatan serupa yang diadakan setiap tahun di kecamatan.

Piala Juara Umum diraih RM Al-Falah Simpang Tiga, mengantongi Juara I bidang Azan, MTQ, Puisi, Marhaban, Sholat Janazah, Disusul RM Nurul Huda Kampung Baru Sukarame dan RM Al-Ikhlas Jambur Damuli-2. Kegiatan pemberian piala tersebut dihadiri ratusan warga kedua desa dipusatkan di Mesjid Suhada Pulau Malaha desa Sukarame Baru, namun Bupati HT Milwan yang menyatakan hadir dalam kegiatan tersebut berhalangan datang karena sesuatu hal mendadak, yang sebelumnya dijadwalkan akan menyerahkan piala kepada para pemenang perlombaan tersebut. (F-3/u)


Selanjutnya

Mau Belajar Aksara Batak?? Klik Di sini