Bisnis

[adat][bleft]

Wisata

[budaya][twocolumns]

hukum

[hukum][bsummary]

Iraq Hancurkan Australia

13/07/07 20:23
Irak Pukul Australia 3-1

Bangkok (ANTARA News) - Irak secara mengejutkan berhasil memukul Australia 3-1 di Piala Asia, Jumat, sehingga membuat favorit juara turnamen tersebut terancam untuk tersingkir secara memalukan pada babak awal.

Nashat Akram mencetak gol pertama melalui tendangan bebas di babak pertama setelah penjaga gawang Australa, Mark Schwarzer, melakukan kesalahan, dan Hawar Mulla Mohammad dan Karrar Jassim Mohammad menambah keunggulan timnya di babak kedua.

The Socceroos menyamakan kedudukan melalui kapten mereka, Mark Viduka pada awal babak kedua, tetapi kemudian diungguli oleh suatu tim yang harus berlatih dan bermain babak penyisihan di negara netral, yakni Jordania, karena perang di negara mereka.

Irak, yang mencapai perempatfinal di tiga Piala Asia terakhir, kini naik ke puncak klasemen Grup A dengan empat poin dari dua pertandingan.

Thailand juga mengoleksi empat poin, sementara Oman dan Australia masing-masing mengumpulkan satu poin.

Australia, yang baru pertama kali tampil di Piala Asia dan dianggap sebagai salah satu tim favorit, masih mempunyai kesempatan untuk maju ke babak berikutnya bila mereka menang dalam pertandingan terakhir grup melawan tuan rumah Thailand, Senin. Mereka juga perlu mengumpulkan jumlah gol yang lebih banyak dari hasil pertandingan antara Irak dan Oman.

Australia telah berjanji akan menebus permainan buruknya saat ditahan imbang 1-1 oleh Oman dalam pertandingan hari Minggu, tetapi malah diungguli Irak di menit ke-21.

Akram tampaknya melakukan tendangan bebas tak berbahaya langsung ke arah Schwarzer, tetapi bukannya menangkap bola, penjaga gawang Middlesbrough itu dibingungkan oleh kehadiran Saleh Sadir dan menyaksikan bola melintas di atasnya untuk menjebol gawangnya.

Tim Cahill, yang mencetak satu gol saat bermain imbang 1-1 melawan Oman, diturunkan sebagai pemain penyerang di babak kedua, tetapi kehadirannya tidak membawa pengaruh apa-apa.

Australia menyamakan kedudukan saat babak kedua baru berjalan dua menit, ketika Brett Emerton melakukan umpan bola ke kotak penalti pada kaptennya, yang kemudian menyundul bola menembus gawang Noor Sabri.

Australia mulai melancarkan serangan gencar di babak kedua, tetapi serangan mereka dapat dipatahkan pertahanan berlapis Irak.

Akram mengirimkan bola di antara dua pemain bertahan kepada Hawar Mulla Mohammad, yang menjebloskan bola ke gawang Schwarzer untuk mengubah kedudukan menjadi 2-1 seteah menit ke-58 dan Karrar Jassim Mohammed menciptakan gol terakhir lima menit menjelang pertandingan usai setelah tembakan Mahdi Karim dapat ditepis Schwarzer.